ADS BANNER HERE

1 year ago

Informasi Ethereumcoin, Spesifikasi Ethereumcoin

Informasi Ethereumcoin, Spesifikasi Ethereumcoin

Informasi Ethereumcoin,Ini adalah artikel lanjutan penjelasan dari artikel Altcoin, disini saya akan menjelaskan apa itu etherium coin dan menjelakan struktur dan informasi spesifikasi coin ini.
  • Block dihasilkan : Rata – rata 1 block dalam 12detik
  • Ekonomi : Block Reward 5 Ethereum. Jumlah blok reward tetap dide setiap tahunnya. sebab blok dapat dihasilkan pada interlval waktu yang lebih cepat (12 detik) maka akan ada tingkatan inflasi yang tinggi pada beberapa awal tahunnya. Tetapi akan mengalami deflasi berikutnya. Reward blok dapat tetap ada di Etherium karena tetap mempunya 15.600.000unit yang dapat dihasilkan dari peningkatan marginal money supply.
  • Pajak per transaksi ( fee tiap transaksi ) : Tergantung pada daya komputasi tiap – tiap klien. Termasuk dengan bandwidth, dan storage yang diperlukan di setiap block. Hal ini disebut GAS dalam Ethereum.
  • Pengcodean : Menggunakan Turing complete code. Maka dapat menghasilkan kesempatan untuk mengirim script dengan “loop ( pengulangan ) ” yang tidak terbatas. Dengan berdasarkan pada daya komputasi dan waktu yang diperlukan.
  • Pendirian
    • Didirikan dari crowdfunding. Penggalangan dana pertama kali dilaksanakan di pertengahan tahun 2014.  Berjumlah -+60.102.216 ETH ( -+60Juta ) ETH. Unit Ether dirilis 1000-2000 Ether per BTC.Selanjutnya, dari 9,9% yang diperoleh akan dialokasikan untuk Ethereum Foundation sebagai konpensasi kontributor awal.Sejumlah 9,9% lagi dipakai sebagai back-up jangka panjang. Maka dari itu jumlah total koin sebelum dirilis ada 72 juta.Mata uang Ether ini pun akan dirilis setiap tahun setelah blok Genesis sampai 26% pada tahap pendanaan awal, yg berjumlah 60 juta ETH.Selanjutnya, jumlah koin yang dirilis per tahunnya akan konstan sebanyak 15,6 juta unit Ether.  Dalam lima tahun, diprediksi pada bulan July 2020, penambang baru akan mencapai 50% dari yang telah ditambang.
  • Resistensi Sentralisasi : Ethereum bisa menghindari adanya sentralisasi ( pemusatan ) pool mining karena menerapkan Ghost Protocol, dan algoritma consensus Proof of work Ethereum yang bisa resisten terhadap penambang ( miner )an ( mining ) ASIC. Sehingga para penambang ( miner ) akan bisa lebih kompetitif di alat pertambangan yang dipakainya. Di dalam Ethereum, algoritma yang pakai ini disebut dengan Ethash.
  • Pertambangan : Dapat dilakukan dengan menggunakai CPU ataupun GPU, pada masa sekarang banyak yang menggunakan VGA external keluaran AMD versi RX, alasannya karena lebih efektif pada algoritma yang di gunakan rx untuk memecahkan pengkodean pada algoritma ethereum
  • Orphan Blocks : Orphan blok di Ethereum disebut dengan Uncle. kalau penambang ( miner ) saat mendapatkan blok berhasil juga mendapatkan uncle, maka akan memperoleh tambahan reward. Disebut dengan orphan block.
Nah, itulah tadi penjelasan spesifikasi ethereumcoin, untuk yang masih bingung bisa di diskusikan di komentar bawah ya.