Segwit – Apa itu Segwit ?

SEGWIT – APA ITU SEGWIT ?

Segwit, apa itu segwit bitcoin ?, Disclaimer : disin saya bukan seorang developer melainkan hanyalah seorang penulis di website cryptocoin indonesia dan mencoba untuk menjelaskan secara mudah untuk para pemburu bitcoin dan untuk orang yang masih awam perihal bitcoin.
Sekarang sedang ramai issue bahwa ada masa Bitcoin Segwit banyak orang cemas kalau terjadi Segwit maka bitcoin akan bagaimana nasibnya kedepan.
Nah, karena MR Crypto disini juga masih awam dan masih belum mengerti apa itu Segwit dan apa definisi Segwit, maka MR Crypto mencoba membaca beberapa artikel dan menonton penjelasan apa itu Segwit dan tentunya semua itu berbahasa inggris.
dari apa yang saya tangkap dan saya pahami bahwa Segwit itu adalah pertama tama kita harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu bagaimana bitcoin Blockchain sistem terjadi, 
Lihat Gambar : 
Gambar 1

Setiap 1 Transaksi Bitcoin Blockhain mempunyai 1MB Block, didalam block itu semuanya memiliki perbedaan lapisan data. dan untuk mempermudah untuk di mengerti disin hanya di jelaskan ada dua input disana, dua perbedaan lapisan data.
Kita memiliki Header dan Transactions, masing masing memiliki banyak informasi di dalamnya
Pada transactions ini yang terpenting, pada setiap transactions harus memiliki input dan output dan juga memiliki Script (Code).
Pada Script (Code) disitulah adanya Signature dan Publick Key dari itu semua berguna untuk memastikan kalau itu adalah transaksi yang legit atau yang sebenarnya
Nah itulah yang saat ini bekerja pada Blockchain Transaction Bitcoin pada saat ini dan yang jadi masalah disini adalah script (Code) pengkodean disini terbilang tidak efisien dan terlalu berat sehingga menyebabkan transaksi lambat untuk di konfirmasi pada network dan sekarang Segwit menjadi salah satu solusi yang kemungkinan di terapkan, sebenarnya ada beberapa lagi metode lain untuk meringankan beban pada script tersebut.




Segwit Transactions :
Nah, ini kalau segwit transactions sistem di terapkan maka metodenya pun agak berbeda, karenanya segwit dapat memberikan kelebihan seperti : 
Jika pada skema Blockchain transactions yang lama, jika orang 1 ingin mentransfer bitcoin ke orang 2 itu merupakan : Signature di kirim ke orang 2.
Pada Segwit, skemanya berbeda, jika orang 1 ingin mengtransfer bitcoin ke orang 2 maka yang terjadi adalah : pada Signature adalah Kosong alias tidak ada apa apa.
Dan yang hanya ada pada Block Transactionsnya adalah hanyalah informasi penerima saja, 

Segwit : 

1 Block hanya membawa informasi tentang orang ke 2 dan akan ada tambahan block baru di luar dari Block utama yang hanya berisikan Script itu termasuk : 
  • Signature dari Orang ke 1
  • Public Key dari Orang ke 1


Dan melalui skema ini hanya akan membuat block itu sendiri se ringan atau sedikit mungkin, akibatnya : 

  • Script lebih enteng
  • Lebih cepat
  • Menciptakan platform yang lebih baik untuk menscale Bitcoin
  • Dan merendahkan Transaksi Fee
    Di penjelasan singkatnya seperti itu, jika kalian balik dan lihat kembali gambar skema blockchain yang ada pada gambar nomor 1, maka disitu kita bisa melihat.
    Pada setiap 1 transaksi yang notabenenya memerlukan 1 Block dan dalam 1 block itu berisikan semua data yang ada yaitu : Signature dan Public Key dan itu memakan banyak data dalam 1 block trx saja. bayangkan berapa banyak transaksi bitcoin perharinya dan itu pastinya memakan beban berat dan melalui konfirmasi yang lama.

    nah pada segwit ini, bukannya 1 block pada 1 trx melainkan 1 block dengan isi sesedikit mungkin dan 1 block tambahan di luar block tersebut.
    Mungkin kalian bertanya, kenapa bisa lebih cepat dan ringan di bandingkan sistem blockchain yang lama, yang hanya memerlukan 1 block per trx dan sistem yang baru malah memerlukan 1 block + 1 block tambahan.
    well, coba ente fikir, misal ente berkendara nih, ibaratkan sistem yang lama adalah jalan 1 arah, sedangkan sistem yang baru ini adalah jalan TOL, ente lebih prefer pilih jalan mana ? dan kira kira lebih lancar jalan yang mana ? 😀 

    ini versi video :

    nah, itulah tadi penjelasan secara singkatnya. saya harap kamu bisa sedikit mengerti dan mudah mudahan penjelasan dari artikel ini dapat membantu untuk kamu yang masih bingung apa itu Segwit.