Cara Pindah MyEtherWallet ke Metamask

Halo sobat CryptoCoin Indonesia, kali ini saya akan memberikan tutorial Cara Pindah Wallet dari MEW ke Metamask.

Berhubungan sekarang ini banyak sekali masalah di wallet Myetherwallet, mulai dari issue myetherwallet yang di hack, dan disusul lagi keraguan dari team myetherwalletnya sendiri apakah websitenya aman atau tidak, dan terlebih lagi akun twitter official myetherwallet di ambil alih oleh mantan tim atau seingat saya mantan CEOnya, dan mengubah nama akun twitternya menjadi @Mycrypto

Kalau menurut pandangan saya ini sudah keterlaluan, saya lebih memilih tidak menggunakan kedua layanan tersebut, alasannya kenapa ?

menurut saya pribadi berati kedua belah pihak sudah tidak bisa di percaya. (IMO) setiap pandangan setiap orang berbeda – beda.

Maka dari itu, jika kamu adalah orang yang berniat untuk memindahkan semua asset yang ada di wallet yang semulanya berada di Myetherwallet ke wallet lain maka saya sarankan untuk memindahkan asset kamu ke METAMASK.

 

Apa itu METAMASK ?

Jika kamu baru mendengar apa itu metamask, lagi lagi menurut pengertian saya metamask itu yang jelas lebih aman dibandingkan myetherwallet karena pada saat kita akan masuk ke website – website baru dan terindikasi phising ( penipuan ) biasanya metamask akan mencegah kita untuk bertransaksi pada website tersebut, dan untuk penjelasan lebih detailnya lebih baik kamu tonton video berikut ini :

Nah, bagaimana cara memindahkan asset kita dari MEW ke METAMASK ?
Cara mudah, jika sebelumnya kamu menggunakan MEW tentunya kamu pada saat mendaftar disuruh untuk menyimpan Private Key dan private key inilah yang sangat amat penting untuk akun kita, karena dengan private key kita bisa mengakses penuh wallet kita, jadi usahakan kamu untuk menyimpan private key yang kamu punya dan jangan pernah memberikan privatekey ke orang lain.

 

Oke, kita asumsikan kamu sudah menyiapkan private key, maka pertama – tama :

  • Persiapkan Private Key¬†nya, ingat private key adalah file yang penting dan sangat fatal jadi jaga baik baik dan perhatikan keamanannya
  • Install MetaMask Add-on untuk Ekstension : Chrome Ekstension, Chrome Firefox Opera
  • Dan install ekstensionnya, setelah itu maka akan muncul di menu bar pada browser kamu seperti contoh di gambar berikut ini :

  • Dan berikutnya, klik icon metamask yang ada di menu bar kemudian akan terbuka dan jika pertama kali install kamu akan di suruh membaca tulisan persetujuan, jika sudah selesai membaca kamu bisa klik “Accept”.
  • Setelah itu kamu akan di suruh membuat akun baru dengan cara memasukkan password dan akan di berikan instruksi berikutnya sama halnya seperti membuat akun wallet baru yang tentunya akan di berikan private-key dll, karena tutorial ini di tujukan untuk meng-import dari myetherwallet ke Metamask maka kita lewatkan pembuatan akun,
  • Kita asumsikan lagi kamu sudah membuat akun metamask maka tampilan akan seperti ini :

Selanjutnya klik pada tombol yang ditandai kotak merah maka akan muncul menu list seperti berikut ini :

Klik “Import Account” setelah klik import account maka akan muncul tampilan yang mengharuskan kamu memilih apakah kamu ingin mengimport melalui metode JSON ataupun Private key dan saya lebih menyarankan via Private Key.

  • Masukkan private-key yang sebelumnya kamu gunakan pada Myetherwallet ke Metamask Import Form seperti yang telah saya tandai kota merah seperti berikut :

Setelah itu klik Import, maka Vwala…, akun myetherwallet kamu sudah pindah ke Metamask seperti akun saya berikut ini :

 Pada gambar diatas adalah wallet saya yang semulanya saya gunakan di Myetherwallet, namun setelah banyak masalah keamanan pada MEW saya mulai pindah dari mew ke metamask.

 

Dan setelah kamu memindahkan wallet dari mew ke metamask, kamu masih tetap bisa menggunakannya di myetherwallet dengan cara yang lebih aman, yaitu langsung connect melalui METAMASK, jadi tidak perlu mamasukkan password, privatekey, JSON file dll. Dengan metamask kamu bisa dengan mudah login ke myetherwallet dengan cara :

  • Kunjungi Metamask -> Pilih “MetaMask / Mist” – > Klik “Connect to MetaMask”
  • Lihat pada gambar di bawah ini :

 

Saya biasanya login ke MEW dengan metode ini hanya untuk kirim – kirim token ke luar, karena untuk sekarang METAMASK belum support untuk mengirim token tetapi kemungkinan untuk kedepannya akan support, kita tunggu saja.
Tetapi untuk menjaga keamanan saya lebih prefer menggunakan METAMASK.

 

Tolong tinggalkan komentar jika ada yang masih kurang mengerti, dan jika dirasa tutorial ini bermanfaat silahkan share artikel ini.

Terimakasih,

Tags: , ,

12 thoughts on “Cara Pindah MyEtherWallet ke Metamask”

  • ashar ali

    saya mau nanya gan, tapi setelah MEW singkron dengan metamask, apakah sudah aman, soalnya koin saya senilai 3 juta hilang di myetherwallet kena phising. mohon infonya agar koin saya tidak hilang lagi

    Reply
    • admin Post author

      coin ente hilang sebelum pindah ke metamask ya ?
      kalau hilangnya sebelum pindah ke metamask saya sarankan lebih baik membuat akun wallet baru, bisa menggunakan metamask dan semua datanya di backup.
      karena saya khawatir ente secara tidak sengaja kasih private key ke orang lain.

      Reply
    • admin Post author

      sejauh ini saya 3 akun, tapi tidak tau berapa maksimal akun yang bisa di tampung, silahkan di coba sendiri

      Reply
    • admin Post author

      kalau mau belanja biasa sih dijadiin rupiah dulu di jual di exchanger indonesia, seperti indodax dan exchanger terpecaya lainnya, terus baru deh bisa kita belanjain, nah kebetulan saya malah baru tau kalau ada game cryptokities setelah saya baca” tadi kayaknya seru ya gamenya, piara kucing hahaha

      Reply
    • admin Post author

      bisa di coba dulu menggunakan PC biar mengerti cara pindahnya dulu, nanti kalau sudah paham cara pindah mew ke metamask menggunakan pc, kemungkinan besar untuk perangkat lain akan tidak berbeda jauh.
      yang penting paham dasarnya dulu supaya berhasil.

      dan untuk mew masih bisa kok

      Reply
  • Riswan Setiawan

    jadi buat kirim tetap harus melalui MEW tapi loginnya dgn Metamask.. kalau sudah login ke mew.. apa tidak berbahaya gan kalau loginnya dengan metamask..

    Reply
    • admin Post author

      untuk saat ini Metamask hanya bisa digunakan untuk transaksi ethereum dan belum support untuk transaksi token, tapi kemungkinan nanti akan bisa.
      dan usahakan kalau login ke mew gunakan metode metamask yang sudah di sediakan oleh MEW karena jika login menggunakan koneksi Metamask setiap transaksi yang kita lakukan akan muncul jendela baru yang mem-preview detail transaksi tersebut, jadi kita bisa pastikan terlebih dahulu apakah transaksi yang akan dilakukan adalah benar

      Reply
  • mahmudi

    saya sudah memindahkan akun MEW ke metamask tapi kenapa token saya tidak ikut masuk ke akun metamask ya?

    Reply
    • admin Post author

      masuk kok, tinggal daftarin aja token” yang ada di wallet MEW yang sebelumya, karena metamask cuma bisa ngetrack token saja tetapi untuk transaksi token belum tersedia, kalau mau transaksi token bisa login dengan cara konekkan metamask ke MEW ada kok di pilihan login di MEWnya

      Reply