Tips Menjaga Akun Myethereum Wallet Tetap Aman

Source : Medium

Halo semuanya, kali ini saya akan memberikan Tips Menjaga Akun Myethereum Wallet Tetap Aman, karena mengetahui cara menjaga keamanan akun wallet kita ( Wallet Online ) adalah hal yang sangat penting.

Artikel ini saya bikin karena sekarang ini marak terjadinya pencurian Cryptocoin pada wallet, tentunya kita tidak ingin hal itu terjadi kepada kita, maka dari itu silahkan kamu sempatkan waktu untuk membaca artikel ini sampai selesai karena saya jamin artikel ini akan memberikan informasi yang berguna, apalagi teruntuk anda orang yang baru mengenal dunia cryptocoin.

 

Seiring melonjaknya harga bitcoin yang sekarang ini terus meningkat harganya yang terakhir saya lihat berada pada harga 150.000.000 Per 1 Bitcoin dan tentu hal tersebut akan menarik perhatian orang orang awam yang ingin merasakan riuhnya dunia cryptocoin, dan jika anda termasuk dalam orang orang tersebut tentu saja anda perlu informasi ini dimana anda baru saja membuat wallet online dan mungkin ada di antara kalian yang belum paham cara mengamankannya dan belum mengerti sistemnya.

Disini saya tidak berniat menggurui atau sok tau dalam hal ini, jika kalian merasa ada yang salah dalam penjelasan saya, maka saya mohon minta koreksinya dengan cara berkomentar di bawah, oke kita lanjut membahas lagi.

Jika kalian baru menggunakan Wallet online seperti : Blockchain.info, Coinbase.com, Myetherwallet.com dan wallet untuk menyimpan coin online lainnya maka kalian harus mengingat point – point berikut ini :

 

Wallet Online bukan exchanger / Bank

Khususnya Myetherwallet.com, biasanya wallet online bersifat Gratis, Open-Source, dan memberikan akses langsung ke blockchain dan hanya kamu yang bertanggung jawab atas keamanan akunmu.

Myetherewallet.com ini berbeda dengan Blockchain.info atau Coinbase.com karena blockchain.info dan coinbase.com adalah milik organisasi yang lebih bersifat bank online terlebih lagi coinbase.com yang memiliki sistem mereka sendiri untuk akun yang kita buat dan mereka juga mempunyai sistem referall dimana kita akan mendapatkan komisi jika kita menyarankan orang lain untuk membuat akun di coinbase.com, dan tentu saja ada sistem sistem yang telah di atur oleh coinbase.com seperti, verifikasi akun yang membutuhkan ID CARD, dan personal informasi guna meningkatkan limit transaksi perhari layaknya bank pada dunia nyata.

Blockchain.info saya belum begitu dapat memastikan apakah ini memilki sistem bank atau tidak, karena sistemnya mirip – mirip seperti myetherewallet.com dimana keamanan akun berada pada kita sendiri, dan tidak ada limit dalam jumlah pengiriman perhari, tidak ada verifikasi informasi personal.

Karena pembahasan utama kita pada artikel ini adalah myetherwallet.com maka kita lanjut lagi membahasnya, ketika kita membuat akun di myehterwallet.com (MEW) kita menghasilkan kumpulan nomor cryptographic: private key dan your public key (address) kita.

dan yang terpenting yang harus di jaga kerahasiaan dan keamanannya adalah Private Key kita, jangan diberikan kepada orang lain, jangan sampai ada yang tau selain kita sendiri dan jangan sampai hilang.

Dan jika kamu tidak sengaja memberikan Private Key ke orang lain tanpa sengaja maupun tidak di sengaja, maka bisa di pastikan cepat atau lambat Coin – coin yang ada di akun MEW kamu akan dicuri.

Terlebih lagi jika kamu sampai lupa atau menghilangkan Private Key yang kamu punya, maka alhasil kamu tidak akan pernah bisa mengakses akun MEWmu, kecuali kamu menemukan private keynya lagi.

 

Jadi tips dari saya :

  • Jangan kasih private key ke orang lain.
  • Jangan simpan Private key atau informasi akun wallet kamu di google drive, dropbox atau media penyimpanan online lainnya.
  • Jangan pernah memasukkan private key ke website selain MEW.
  • Selalu cek keaslian Alamat web MEW, bisa saja web phising yang mempunyai tampilan web mirip seperti mew.
  • Salin Private Key kamu ke Beberapa Flashdisck di lokasi yang berbeda, contohnya 1 flashdisck kamu simpan di rumah, 1 lagi di lemari, 1 lagi di rumah saudara dan tempat tempat yang berbeda namun tetap aman dari orang – orang jahat.

Nah itulah tips agar mew kamu tetap aman, sekarang saatnya kita mengenal apa itu Blockchain, karena percuma jika kamu masuk ke dunia cryptocoin jika tidak tahu apa itu blockchain.

 

Apa itu Blockchain ?

Blockchain itu seperti spreadsheet besar yang terdesentralisasi dan global.

  • Apa itu Desentralisasi ?, desentralisasi adalah seperti kotak yang berisikan tusuk gigi yang jumlahnya sudah di tentukan dan kotak maupun tusuk gigi tersebut terus melacak siapa dan berapa banyak jumlah yang di kirim ke siapa.
  • Blockchain tersebut di simpan dan di rawat oleh berjuta – juta penambang di seluruh dunia yang memiliki spesial computer ( computer mining / mining rig )
  • Blok di blockchain terdiri dari semua transaksi individual yang dikirim dari MyEtherWallet, MetaMask, Exodus, Mist, Geth, Parity, dan tempat lain.
  • Ketika Kita melihat saldo di MyEtherWallet.com atau melihat transaksi Anda di eterscan.io, Kita melihat data di blockchain, bukan di sistem pribadi MyEtherWallet.com.

 

 

Dan sekarang kita kembali lagi pada topik Menjaga Akun Myethereum Wallet Tetap Aman, dan melakukan tahap pencegahan dengan mengenal tips dibawah ini.

 

Cara melindungi akun dari Phising

Saya tidak jarang mendapati email yang berupa hadiah, claim bonus dan hal hal yang menggugah kita untuk mengklik link pada email tersebut dan tentunya hal itu bisa jadi adalah phising. Contoh pada email tersebut mengharuskan kita mengklik link berupa link Myetherwallet.com, Paypal, Blockchain, Coinbase dan web penyimpanan uang online lainnya, tetapi nyatanya itu adalah palsu. Mereka berupaya mencuri informasi akun kita dan mencuri uang yang ada di wallet kita.

Jika kamu pengguna MEW dan ingin mengamankan dari tindakan Phising sebaiknya ikutin cara berikut ini :

  • Gunakan Ekstensi Chrome Browser EAL atau MetaMask guna memblock situs berbahaya.
  • Selalu cek URL pada Bar Browser : https://www.myetherwallet.com. dan selalu pastikan pada barnya berwarna hijau dan bertuliskan MYETHERWALLET LLC [US], tulisan ini tidak muncul dan hanya berwarna hijau seperti gambar berikut ini 
  • Jangan mudah percaya pada pesan yang di kirim lewat email, reddit, twitter, slack dan media lainnya.
  • Selalu sorot pada bagian link tersebut dan jangan mengkliknya, ketika kita sorot linknya akan muncul alamat pada sudut kiri bawah browser, kita pastikan apakah alamat tersebut terpercaya atau tidak.
  • Dan jangan sekali sekali memberikan informasi rahasia pada website yang sudah anda tidak sengaja klik tersebut.
  • Jangan sembarang klik iklan yang ada pada website, dan bila perlu install adblocker untuk menghindari hal hal lainnya.

 

Bagaimana Cara Melindungi Diri dari SCAM

Inti dari tujuan scam adalah mendapatkan uang dari kita dan kita tidak dapat apapun, hanya iming – iming belaka.

Tipsnya adalah :

  • Jangan mudah percaya iming – iming penghasilan besar dengan modal yang sendikit.
  • Fikirkan lagi tawaran tersebut, jika terlalu bagus untuk jadi kenyataan maka kemungkinan itu adalah scam
  • Lakukan Research sebelum mengirimkan uang investasi ke seseorang atau project. Cari informasi perihal tersebut ke berbagai forum dan website, selalu hati – hati.
  • Selalu merasa curiga terhadap tawaran tawaran baru yang menyajikan kesempatan kaya raya secara cepat dan jika difikirkan lagi tidak masuk akal.
  • Tanyakan lagi jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti atau tidak masuk akal.
  • Tanyakan lagi pada diri kita, kenapa kita lakukan ini ? apakah ini benar ?  dengan bertanya pada diri kita itu bisa mendorong kita untuk melakukan research lagi untuk project yang di tawarkan ke kita.

 

 

Nah itulah tadi tips menjaga keamanan akun Myetherwallet kita, untuk tutorial menjaga keamanan wallet lain pada intinya sama jika kalian sudah mengerti jenis layanan wallet online tersebut, dan jangan lupa budayakan membaca peraturan dari website yang menyediakan layanan agar kita terhindar dari pelanggaran peraturan yang tidak kita ketahui, padahal itu memang salah kita yang malas membaca.

 

Terimakasih

 

 

Komen di bawah jika ada yang kurang jelas, maupun ada yang salah pada tulisan saya di atas dan saya sangat menerima koreksi dari kalian yang lebih mengerti.

 

Share this: